Naik Jabatan? Siapa takut ! ( bagian 2)

Oktober 24, 2008 pukul 8:16 am | Ditulis dalam kontrak kerja, surabaya, tips bekerja | 1 Komentar
Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

MEMPERTIMBANGKAN KRITERIA
Lihat kriteria profesi yang ditawarkan, cocokkah dengan diri Anda? Kecocokan itu ditimbang dengan pemikiran mampu dan mau menjalani profesi tersebut. Sehingga, kali ini Anda bisa pekerjaan yang akan Anda tekuni, bukan `menerima’ pekerjaan yang dilimpahkan.
Dalam hal menentukan kriteria ini, dianjurkan Anda tidak mempertimbangkan posisi tersebut karena daya tarik jabatan dan uang. “Jika dua hal itu yang dikejar, dalam hitungan bulan, Anda akan kehilanggan `gairah’ terhadap pekerjaan,” lanjut Rene.
Utamakan nilai profesi baru yang akan Anda lamar. Kejarlah posisi tersebut untuk alasan yang lebih positif. Misalnya, kesempatan yang lebih besar untuk menunjukkan kemampuan, atau memaksimalkan skill yang Anda miliki.
2 JANGAN TAKUT DISEBUT AMBISIUS
Batu sandungan yang Anda hadapi bisa jadi adalah menundukkan ketakutan dalam diri sendiri. Salah satunya, takut disebut ambisius. “Padahal, kata itu bisa berarti positif. Sebutlah, misalnya Anda bisa mencapai posisi yang Anda idam-idamkan, berarti kesempatan Anda untuk menggerakkan suatu tim dengan baik.Atau membantu orang lebih banvak, serta mendukune tim vane lebih besar,” kata Rene.


3 JANGAN BERPIKIR GAGAL
Hindari memikirkan kegagalan. Ini bukan kompetisi, meskipun Anda berusaha merebut sesuatu yang sifatnya bernilai. Jika belum berhasil, dan harus kembali ke posisi semula,Anda tetap memiliki nilai positif.Anda telah menggunakan kesempatan dan telah mengetahui aspek-aspek apa saja yang perlu Anda perbaiki. Bagaimanapun, Anda lebih baik dari mereka yang belum berani mencoba.

4 TEMUI ATASAN LANGSUNG
Jika telah mantap untuk melamar posisi yang tersedia, segera temui atasan Anda. Izin dan atasan sebaiknya Anda dapatkan sebelum melayangkan surat lamaran. Tak perlu mengkhawatirkan posisi kosong yang Anda tinggalkan. Jika Anda bekerja di perusahaan yang memiliki peta karier yang jelas, maka posisi Anda akan segera diisi orang-orang yang sudah direncanakan untuk menggantikan posisi Anda. Selanjutnya, perusahaan akan mencari orang untuk mengisi posisi junior yang kosong, karena hal ini lebih mudah dilakukan.

BERSIKAP POSITF SAAT TES
Sudah berada di lingkungan kantor yang Anda tuju, bagaimanapun akan memberi rasa nyaman. Namun, saat menjalani tes resmi (jika harus melakukannya), Anda akan bertemu dengan kandidat lain, yang tidak merasa senyaman Anda. Jika berada dalam kondisi ini,
bersikaplah positif, seperti menghormati rekan lain dan membagi informasi umum tentang perusahaan yang lebih dulu Anda masuki. Jangan lupa, meskipun Anda memiliki kelebihan mengetahui situasi kantor, mungkin saja yang dicari perusahaan adalah orangorang dengan ide-ide segar dari luar kantor.
Jika harus melewati tes psikologi, tidak perlu meramu jawaban yang paling hebat. Menempatkan diri sebagai orang yang rendah Kati adalah yang terbaik. Pencapaian yang pernah Anda raih di perusahaan ini sebaiknya tidak diucapkan, jika tidak ditanyakan. lowongan kerja dan info terbaru lowongan pekerjaan bisa dilihat pada klikkarir.com

Setelah tes demi tes terlewati, Anda akan melewati sesi wawancara, yang melibatkan masalah gaji. Anda mungkin telah mengenal orang yang akan mewawancarai Anda. Namun, tak perlu melewati negosiasi dengan kaku. Usahakan menemukan titik temu. Kalaupun perusahaan belum bisa memberikan `nilai pertukaran’ yang memuaskan, tawarkan negosiasi. Dalam negosiasi tersebut,jangan ragu menetapkan pencapaian yang harus Anda buktikan dalam jangka waktu tertentu.
Jika berhasil,Anda harus siap menjalani masa orientasi tertentu, untuk beradaptasi dengan pekerjaan baru. Selanjutnya, jalani profesi baru Anda tanpa harus mengubah sikap menghadapi rekan-rekan ‘lama tetapi baru’. “Bedakan urusan pribadi dengan urusan profesional. Anda juga boleh berusaha meyakinkan orang-orang bahwa Anda memang pantas berada di posisi saat ini.”

TAK PERLU RAGU MELAMAR POSISI PENTING YANG TERSEDIA DI PERUSAHAAN YANG SAMA, JIKA:
Memiliki reputasi kerja yang baik.
•    Memiliki kualifikasi yang dibutuhkan, misalnya latar belakang pendidikan yang sesuai dan pengalaman yang menunjang. Tidak menjalani kontrak jabatan dalam jangka waktu tertentu (berlaku di beberapa perusahaan). info lowongan kerja dan lowongan kerja di bandung dapat dilihat pada klikkarir.com
•    Tidak merencanakan kehamilan (kebanyakan perusahaan mengharapkan pegawai tidak hamil dalam masa adaptasi jabatan, kecuali untuk tenaga yang benarbenar sangat dibutuhkan).
Tidak melarikan diri dari masalah internal (melamar posisi lain di perusahaan yang sama untuk menghindari konflik internal).

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wah mantabz bro infonya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: