Karir di Dunia Properti – Arsitek – (bagian 1)

Oktober 10, 2008 pukul 10:13 am | Ditulis dalam surabaya, tips bekerja | 3 Komentar
Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

TANTANGAN DI DUNIA PROPERTI

Di tahun-tahun mendatang, dunia properti akan makin berkembang. Gaji menjanjikan, prospek karier cerah. Anda berminat?

MARAKNYA BISNIS PROPERTI ternyata makin menguntungkar profesi-profesi yang bergelut di bidang ini. Namun, untuk bis: tents eksis berkarier di dunia properti, juga hams punya juru andal. Ingin tahu, apa saja resep suksesnya? Simak pengalaman empat wanita yang berkarier di hidang properti berikut

AVIANTl ARMAND (38),
ARSITEK
PENGALAMAN: 16 TAHUN
JOB DESK:

Membuat komposisi ruang untuk kemudian diwujudkan menjadi sesuatu yang bisa dihuni.Tapi, yang dibuat oleh arsitek adalah sketsa, yang notabene tidak bisa dijual. Selanjutnya, arsitek perlu bekerja sama dengan pihak kontraktor untuk mewujudkan sketsa tersebut.

TANTANGAN:
Menciptakan sketsa yang orisinal, yang sayangnya tidak muncul setiap hari. Arsitek harus kreatif. Kalau hanya ingin menciptakan sketsa yang agak berbeda dari perumahan yang sudah ada, mudah saja.Tinggal ganti pinto atau jendelanya. Selesai.Tak bisa dicap plagiat, karena, toh, berbeda.Tapi, ada beberapa unsur yang menentukan basil, yaitu arsitek itu sendiri, klien, dan lahan. Kalau kliennya berbeda, lahannya soma, hasilnya akan berbeda pula. Karena, setiap klien memiliki keinginan berbeda.

HAMBATAN:
Kompetisi dengan arsitek dari luar negeri. Banyak orang berpikir, karya arsitek kenamaan dari luar negeri itu pasti lebih baik. Padahal, tidak selamanya demikian. Karena, mereka belum tentu memahami iklim Indonesia, sehingga desainnya belum tentu cocok. Namun, saya lihat, kebutuhan akan arsitek makin besar. Arsitek zaman sekarang lebih punya kebebasan dalam berkreasi, karena klien sudah memberi kepercayaan penuh.

PELUANG Karir:
Cukup besar. Jika Anda mau jadi arsitek yang peduli pada lingkung-an kumuh, kesempatannya sangat besar. Anda tidak hanya dituntut untuk membuat konsep bangunan, tetapi sekaligus membantu memecahkan masalah sosial. Jika commit pada pendidikan, bisa jadi doses. Bila ingin jadi arsitek sekaligus selebriti, bisa juga.
Untuk jenjang karier, di properti memang agak unik. Karena sangat tergantung pada besar kecilnya perusahaan. Jika perusahaan itu besar, peluang karier akan’ menjanjikan. Tapi, kalau perusahaannya kecil (hanya sekitar 20 karyawan), kecil keinungkinannya ada jenjang karier. Namun, setelah punya jejaring yang lugs, Anda punya kesempatan membangun bisnis sendiri.

PENGHASILAN:
Sangat tergantung. Ada arsitek yang mementingkan kuantitas, ada juga yang kualitas. Sebuah desain arsitektur yang berkualitas baik biasanya melalui proses antara 3-6 bulan. Fec-nya cukup mahal. Jika arsitek tersebut hanya mementingkan jumlah desain dengan kualitas standar (misalnya, hanya mengganti sedikit dari desain yang sudah ada),fee-nya tak mahal. Tapi, kalau dihitung-hitung dalani satu bulan, arsitek yang penghasilannya lebih besar biasanya adalah yang mementingkan kualitas. Karena, mereka bisa menjual
banyak desain. Ads: lowongan kerja dan bursa kerja terbaru dapat dilihat di klikkarir.com

BEDA PRIA & WANITA:
Keunggulan wanita terletak pada kemampuannya melihat dan menggambar hal yang detail, sedangkan prig lebih unggul dalam eksplorasi ruang. Jika kedua keunggulan ini disatukan, akan tercipta sebuah karya arsitektur yang indah. Karena, karya arsitektur yang baik bukan ditentukan oleh pengalaman, melainkan berdasarkan penghayatan. Dengan demikian, karya itu akan terkesan memiliki jiwa, tidak flat.

TIPS SUKSES
Arsitek merupakan seni, bukan hanya kalkulasi dan Mematika. Maka, seorang arsitek sebaiknya lebih banyak
bermain dengan inderanya. Permainan arsitektur itu mirip permainan resep
yang sama persis, hasil masakannya bisa jauh beda, karena sentuhannya berbeda.

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. blog yang menarik,bsaya tunggu artikel berikutnya..

    salam sukses

  2. terimakasih atas informasinya..

    salam sukses.

  3. kira-kira tantangan seperti apa saja yang dapat menghambat kemajuan karir seseorang…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: